Skip to main content

Bahas Omnibus Law dan Gizi, Mahasiswa Gizi Juarai Lomba Nasional

Mahasiswa Prodi Gizi UNISA Yogyakarta mengikuti perlombaan Karya Tulis Ilmiah Kader IMM se-Indonesia pada September 2020 yang bertajuk “Refleksi Kemerdekaan di tengah Ketertindasan”. Lomba ini diikuti oleh Dinda Ayu Fadillah, mahasiswa Gizi UNISA angkatan 2017. Dinda mengirimkan KTI nya yang berjudul “Pengaruh Omnibus Law Terhadap Ekologi Pangan dan Gizi di Indonesia”.

Karya tulis Dinda dilatarbelakangi dari kemelut Omnibus Law atau RUU Cipta Kerja yang menyatakan bahwa impor sebagai salah satu sumber pemenuhan kebutuhan konsumsi nasional. Seharusnya impor hanya dapat dilakukan jika produksi dan cadangan nasional tidak dapat memenuhi kebutuhan domestik. Menurut Dinda, aturan ini dapat berdampak pada ekologi pangan. Dinda mengatakan pemerintah perlu memikirkan cara pemerataan pangan dan gizi sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Lebih lanjut Dinda menyampaikan bahwa untuk mengurangi impor pangan dapat diatasi dengan meningkatkan produksi sektor pertanian terutama beras karena selama ini beras masih menjadi komoditi impor paling tinggi. Dinda menilai solusi ini dapat berdampak positif bagi ketahanan pangan dan nerasa perdagangan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan status gizi masyarakat. Di akhir tulisannya, Dinda mengajak untuk berupaya bersama dalam perbaikan kualitas produksi pertanian untuk mengurangi impor pangan.

Kejuaraan yang diperoleh Dinda menjadi kebanggan tersendiri bagi keluarga besar Prodi Gizi UNISA Yogyakarta. Prestasi ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa Prodi Gizi lainnya untuk berlomba-lomba mencetak prestasi. Selamat Dinda! -KK-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *