SEMNAS PEKAN ASI “Breastfeeding: Foundation of Life

Pada tanggal 11 Agustus 2018 telah dilaksanakan seminar nasional dalam rangka memperingati Pekan atau Minggu ASI sedunia. Tema yang diusung pada seminar nasional tersebut sama dengan tema yang digaungkan di seluruh dunia, yakni “Breastfeeding: Foundation of Life” atau ASI sebagai sumber kehidupan. Sudah banyak penelitian yang mengkaji mengenai manfaat ASI dibandingkan makanan pengganti apapun untuk bayi berusia 0-6 bulan. Sehingga, promosinya perlu digalakkan, salahsatunya dengan adanya pekan ASI ini.

Acara Seminar Nasional

Seminar Nasional yang diselenggarakan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) ini dibuka dengan Tari Tor Tor oleh 2 orang mahasiswa UNISA. Acara ini disambut oleh Taufiqurrahman, PhD selaku Wakil Rektor 1 UNISA. Selanjutnya, keynote speaker oleh Drs. Sri Purnomo, M.Si selaku Bupati Sleman yang berjudul Kebijakan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam Implementasi Perbup ASI.

Acara seminar dilanjutkan dengan panel 2 sesi. Panel pertama dimoderatori oleh Kartika Nur Fitriani, S.Gz, RD, MPH (ahli gizi JIH). Pembicara panel pertama adalah Endang Pamungkasiwi, SKM, M.Kes mengenai Penanggulangan Stunting melalui Pemberian ASI Eksklusif dan MP-ASI; Agil Dhiemitra AuliaDewi, S.Gz, MPH (Ketua Program Studi Gizi UNISA) mengenai Peran Akademisi dalam Penanggulangan Stunting; Anna Mariyana, S.ST mengenai Peran Bidan dalam Pemberian Makan Bayi dan Anak pada 1000HPK.

Panel kedua merupakan acara yang dinanti banyak peserta, karena pembicara merupakan pakar sekaligus aktivitas yang menggalakkan ASI Eksklusif di Indonesia, dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., IBCLC., FABM. Beliau gigih memperjuangkan hak bayi untuk mendapatkan ASI selama 6 bulanpertama kehidupannya. Acara panel kedua dimoderatori oleh Dr. Agus Wijanarka, S.SiT., M.Kes (Dosen Gizi Poltekkes Yogyakarta). Pembicaranya adalah dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., IBCLC., FABM mengenai Keberhasilan Menyusui sebagai Dasar Pencegahan Stunting. Beliau juga menambahkan pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bagi bayi yang baru saja lahir. Pembicara kedua adalah Ir. Kresnawan, M.Sc selaku ketua Dewan Pembina Pusat (DPP) PERSAGI mengenai MP-ASI yang tepat untuk Mencetak Generasi Berkualitas.

Peserta yang hadir dari berbagai kalangan, baik mahasiswa, dosen, aktivis ASI, maupun komunitas Ayah ASI Sleman. Seminar nasional ini adalah puncak acara dari DPD PERSAGI Sleman bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, UNISA, UNRIYO, UGM, dan Poltekkes Yogyakarta. Sebelumnya telah dilakukan kampanye ASI di Lapangan Denggung, Sleman. Harapan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan tentu bertambahnya cakupan ASI Eksklusif di Indonesia, dan Sleman pada khususnya.

Materi dapat diunduh di Download