Kuliah umum yang pertama di tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Prodi Gizi bertajuk Manajemen Kehalalan. Pada kuliah umum kali ini Prodi Gizi mengundang Kepala Instalasi Gizi RS PKU Muhammadiyah Gamping, Hastuti Pelitawati, S.SiT., RD, dan Direktur Halal Research Centre Fakultas Peternakan UGM, Ir. H. Nanung Danardono, S.Pt., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai sertifikasi halal di rumah sakit dan prosedur standar pengurusan sertifikat halal.

Sertifikasi Halal

Hastuti Pelitawati, S.SiT., RD menjelaskan mengenai proses sertifikasi halal yang dilakukan oleh instalasi gizi RS PKU Muhammadiyah Gamping. Proses yang dilakukan mulai dari mencari info persyaratan sertifikasi halal di rumah sakit, penerapan sistem jaminan halal, penyiapan dokumen, proses audit hingga pengawasan rutin untuk menjamin pelaksanaan sistem jaminan halal. Hastuti menegaskan bahwa proses quality control di instalasi gizi RS PKU Muhammadiyah Gamping tidak hanya sebatas memeriksa kecacatan tetapi juga memeriksa kehalalan bahan makanan yang akan digunakan.

Prosedur standar pengurusan Sertifikasi Halal

Ir. H. Nanung Danardono, S.Pt., Ph.D., IPM., ASEAN Eng menambahkan dan menjabarkan penjelasannya mengenai prosedur standar pengurusan sertifikasi halal. Setiap penyelenggara jasa pangan wajib menyusun dokumen sistem jaminan halal mulai dari identitas perusahaan, identitas produk, hingga omzet penjualan. Hal detail lainnya yang juga perlu dijelaskan dalam dokumen sistem jaminan halal yaitu mengenai komposisi produk, fasilitas produksi, critical control points, penanganan produk yang tidak layak, dan prosedur quality control.

Kuliah umum yang diselenggarakan pada tanggal 4 Januari 2021 ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Prodi Gizi UNISA Yogyakarta mulai dari angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020. [KK]